Minggu, 07 Februari 2016

Alasan Mengapa Harus Membuang Sampah Pada Tempatnya


Tempat sampah bulat mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari bentuk tempat sampah yang lain dari biasanya. Bulat adalah sebuah bentuk yang melambangkan perputaran yang tidak ada habisnya. Jadi, apabila ada yang membuat tempat sampah bulat, maka diharapkan tempat sampah tersebut bisa menjadi inspirasi bagi pengguna maupun pembuatnya untuk terus berinovasi tiada habisnya dan senantiasa menciptakan bentuk-bentuk tempat sampah lain yang menarik untuk digunakan.
Mengapa harus membuang sampah pada tempatnya?
Selama ini, banyak orang yang sering mengabaikan keberadaan tempat sampah, padahal sampah adalah salah satu jenis barang yang akrab di kehidupan sehari-hari. Setiap orang  selalu berhubungan dengan sampah, begitu pula dengan sampah yang identik dengan manusia. Kehadiran tempat sampah menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan demi kelangsungan hidup yang lebih baik karena pada umumnya, masih banyak orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan disekitarnya.
Contoh sederhananya bisa dilihat pada ilustrasi berikut. Anda merasa lapar, lalu Anda pergi membeli makanan di pedagang kaki lima. Selama di perjalanan, Anda sibuk menikmati makanan yang sudah Anda beli tersebut. Ketika makanan yang sudah Anda beli tersebut habis, yang tersisa dari tangan Anda adalah sampahnya. Llau setelah itu, mau dikemanakan sampahnya? Ada dua kondisi yang bisa dilihat dari kasus ini, pertama, apakah Anda memilih untuk membuang sampah begitu saja di jalan ataukah Anda pergi ketempat sampah bulat yang ada disekitar Anda lalu membuangnya?
Pentingnya membuang sampah pada tempatnya
Jawaban dari pertanyaan diatas sederhana saja. Walaupun jawabannya bisa saja lebih beragam dari pilihan diatas, namun kita semua tidak bisa menutup mata jika pada kenyataannya, di lingkungan sekitar kita, masih banyak orang yang tidak peduli dengan sampah yang dibawa olehnya. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, mulai dari rasa tidak memiliki sampah tersebut sampai dengan tidak peduli dengan keberadaan sampah tersebut. Mulai dari alasan yang pertama yaitu rasa tidak memiliki sampahtersebut, seberapa besar kepedulian Anda dengan sampah yang Anda miliki? Jika dikaitkan dengan ilustrasi pertama, seberapa pedulikah Anda dengan sampah hasil Anda membeli makanan di pinggir jalan lalu membuangnya ke tempat sampah?
Bisa dikatakan jika bentuk tempat sampah yang tidak menarik adalah salah satu alasan mengapa orang malas sekali membuang sampah dan tidak mau meluangkan waktunya sepesersekian detik untuk berjalan ke tempat sampah dan membuang sampah tersebut. Banyak orang yang tidak memperlakukan sampah dengan semestinya. Ketika Anda membeli suatu barang, Anda harus tahu bahwa pada akhirnya, cepat atau lambat, barang yang Anda beli tersebut akan berubah status menjadi sampah. Hal ini berlaku untuk barang apapun, barang jenis apapun, tidak harus makanan yang Anda beli di pedagang kaki lima, namun juga barang-barang seperti buku, ponsel, tas, dan barang-barang yang Anda miliki dan gunakan selama ini juga lama-lama akan menjadi sampah.
Kembali lagi ke ilustrasi makanan yang Anda beli di pinggir jalan, perlu Anda ketahui bahwa makanan yang Anda beli adalah makanan yang sudah sepaket dengan sampah, baik itu makanan yang dihabiskan atau tidak, tetap saja akan menjadi sampah. Tidak hanya itu, dengan Anda membeli suatu makanan, maka Anda juga harus siap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada makanan tersebut yaitu “buanglah sampah pada tempatnya”. Syaratnya apa? Syarat yang (harusnya) dipenuhi adalah Anda selalu memelihara tanggung jawab atas apa yang beli, termasuk bertanggung jawab dengan sampah yang Anda “beli”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar